Rapat Sinergitas dan Harmonisasi Pembakuan Nama Rupabumi

Kamis, 12 Agustus 2021
Rapat Sinergitas dan Harmonisasi Pembakuan Nama Rupabumi Provinsi Kalimantan Barat.
Kegiatan ini merupakan sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi dan Peraturan Gubernur Kalimantan Barat Nomor 111 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi. Pelaksanaan rapat ini melalui daring zoom meeting dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Rapat dibuka oleh Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Barat yang diwakili oleh Ibu Kamisah. ST, MT. selaku Kepala Bidang Perencanaan Fisik Prasarana dan Sumber Daya dalam sambutannya bahwa Toponim atau Nama Rupabumi merupakan data dasar, Oleh karena itu untuk mewujudkan Rencana yang tepat, maka kita membutuhkan Data toponim yang Akurat.
Adapun Narasumber dalam kegiatan ini dari Badan Informasi Geospasial (BIG) yang disampaikan oleh Bapk. Harry Ferdiansyah dengan Materi Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi, selanjutnya Narasumber yang ke-2 dari Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kalimantan Barat yang disampaikan oleh Bapak Drs. Toni Sunardi, M.Si dengan materi Kebijakan Penyelenggaraan Nama Rupa Bumi Di Provinsi Kalimantan Barat.
Untuk mewujudkan Sinergi dan Harmonisasi Pembakuan Nama rupa bumi di Provinsi Kalimantan Barat, maka dalam rapat ini disepakati hal-hal sebagai berikut :

  1. Membangun arah kebijakan bersama (berbasis urusan pemerintahan)
  2. Mengoptimalkan mekanime kerja sinergi antara Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupten/Kota (Camat dan Kepala Desa/Lurah)
  3. Membangun Data Base Wilayah Administrasi Pemerintahan yang lengkap dan terintegrasi antara pusat dan daerah melalui kebijakan Satu Data.
  4. Pemanfaatan struttur data Wilayah Administrasi Pemerintahan secara digital dalam mendukung SPBE.
  5. Menjalin dan membangun kerjasama dengan stake holders terkait lainnya ( Lembaga Pendidikan, swasta dan media online).
  6. Peningkatan SDM Pelaksana Toponim di daerah dengan melaksanakan Bimbingan Teknis terkait aplikasi berbasis web Sistem Informasi Nama Rupabumi (SINAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *